foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru 2021
foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru 2021
foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru 2021
foto1
Mengembangkan Kerja Sama dengan Berbagai Lembaga atau Instansi Terkait
foto1
Kompetensi Pendukung Lulusan: Peneliti Pendidikan, Analisis Data, Edupreneur

Statistik Pengunjung

437776
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
112
171
844
434616
4286
10237
437776

Your IP: 10.30.248.108
Server Time: 2021-04-15 11:17:02

Login Form

SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA 2020

 

Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat kembali menyelenggarakan Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (SEMANDIK) 2020 yang ke-6 dalam bentuk virtual. Kegiatan seminar ini mengusung tema “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Kreatif di Era Kenormalan Baru” yang dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 28 November 2020di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumatera Barat, Jl. Gunung Pangilun Padang. SEMANDIK 2020 ini dilakukan secara daring menggunakan platform zoom dengan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Aleams Barra, Ph.D dan Ramadoni, M.Pd. SEMANDIK 2020 ini diikuti oleh peserta seminar sebanyak 350 orang dan peserta pemakalah 70 orang.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika: Dra. Rahmi, M.Si

Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dra. Rahmi, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat yang selalu memberikan dukungan dan dorongan dalam melaksanakan berbagai kegiatan, “Peserta yang ikut kegiatan ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia (tercatat 22 PT) yang berasal dari pulau Sumatera, Riau, Jawa, Bali, dan Irian Jaya.Peserta terjauh berasal dari Universitas Cendrawasih, kemudian diikuti lagi oleh beberapa kampus ternama seperti; UNS Surakarta, ITS Surabaya, UNY,UNJ, UPI Bandung, UNSRI,UNRI, UNIMED, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Indra Prasta PGRI, UM Purwokerto, UPM Banten, UNITAS Palembang, Universitas Halu Oleo, serta beberapa perguruan tinggi negeri dan Swata yang ada di Sumatera Barat.

Wakil ketua bidang akademik STKIP PGRI Sumbar, Sri Imelwaty, Ph.D saat membuka kegiatan SEMANDIK 2020 menyampaikan Apresiasi kepada Prodi Pendidikan Matematika yang terus meningkatkan kualitas, dan selalu melaksanakan berbagai kegiatan secara berkala. Selanjutnya beliau mengatakan di masa pandemi saat ini pembelajara secara daring menjadi yang paling banyak dilakukan. Oleh sebab itu integrasi teknologi menjadi penting dan suatu keharusan untuk dilakukan.

Ketua Bidang Akademik: Sri Imelwaty, Ph.D

Pelaksanan SEMANDIK 2020 bekerjasama dengan IndoMs Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), dan dihadiri secara virtual oleh dewan pengarah indoMs Sumbagteng Bpk Prof. Syafrizal, Sy dan Bpk Dr. Imran serta Presiden IndoMs Sumbagteng Bpk Dr. Admi Nazra. Pada sambutannya secara virtual Presiden IndoMs Sumbagteng menyampaukan apresiasi yang tinggi kepada Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat yang selalu secara berkala melaksanakan semandik setiap tahun dalam rangka menciptakan suasana akademik di Sumbagteng Khususnya di STKIP PGRI Sumatera Barat.

Gubernur IndoMs Sumbagteng: Dr. Admi Nazra

Hadir sebagai narasumber Bpk Aleams Barra, Ph.D dosen Matematika FMIPA ITB Ahli Struktur Matematika dalam Komunikasi Digital dan Ramadoni, M.Pd dosen Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat dan juga merupakan alumni Pend. Matematika STKIP PGRI Sumbar, yang sedang S3 di National Dong Hwa University Taiwan. Kegitan dipandu oleh moderator Lucky Heriyanti Jupri, S.Si, M.Pd dosen Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat.

Keynote Speaker: Aleams Barra, Ph.D dari Matematika FMIPA ITB

Bapak Aleams Barra, Ph.D menyampaikan materi yang berjudul “Teknologi dan Pembelajaran Matematika”. Beliau menyatakan bahwa matematika merupakan kumpulan perkakas yang diperlukan dalam kehidupan modern. Aspek-aspek yang diperlukan dalam kehidupan modern meliputi kemampuan melakukan aritmatika sederhana,  kemampuan membaca data dan menyajikan informasi dalam data, kemampuan untuk berfikir memecahkan masalah secara kreatif dan menyampaikan gagasan dengan runtun dan logis. Dalam kondisi pandemi seperti ini, seorang pendidik perlu melibatkan teknologi dalam proses pembelajaran.  Beliau juga menambahkan bahwa terdapat tiga aspek teknologi dalam perkuliahan daring yaitu; (1) Content Creation, (2) Learning Management System, dan (3) Assessment.

Keynote Speaker: Ramadoni, M.Pd: Dosen sekaligus Alumni Pend Mat STKIP PGRI Sumbar

sedang studi S3 di National Dong Hwa University Taiwan

Setelah kegiatan seminar utama berakhir, maka kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan seminar parallel yang diikuti oleh peserta SEMANDIK 2020 yang terdaftar melalui Aplikasi Zoom.Seminar parallel ini terdiri atas 12 room, dimana pada maisng-masing room terdapat 5-8 orang pemakalah dan beberapa orang peserta. Kegiatan seminar parallel ini dipandu oleh seorang moderator yaitu dosen-dosen dari Program Studi Pendidikan Matematika. Kegiatan seminar parallel berakhir pada pukul 16.00 yang menandakan bahwa telah berakhirnya acara SEMANDIK 2020. Semua peserta dan pemakalah yang mengikuti  kegiatan ini sampai akhir akan diberikan sertifikat yang dapat didownload melalui link VCR.

Sistem Informasi

Pimpinan Prodi

Ketua Program Studi

Dra. Rahmi, M.Si

 

Sekretaris Program Studi

Yulia Haryono, S.Si, M.Pd