foto1
Program Studi dengan Akreditasi "B" BAN-PT
foto1
Matematika Cepat, Cermat dengan Trick
foto1
Matematika Itu Bukan untuk di Takutkan Tetapi untuk di Taklukkan
foto1
Otak Atik Otak
foto1
Matematika untuk Kita Semua
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Universitas Timor mengadakan kegiatan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat nasional tahun 2019 dengan tema “Inovasi Pembelajaran Dalam Bidang Bioteknologi Dan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Ajang kompetisi ini diikuti oleh 15 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah kampus STKIP PGRI Sumatera Barat yang mengikutsertakan 3 orang mahasiswa. Mahasiswa yang terpilih sebagai finalis adalah Gusnita, Miftahul Rizka, dan Arif Rahman Amri yang terdata aktif kuliah pada program studi Pendidikan Matematika. Pada tanggal 30 Agustus 2019 para finalis diundang untuk mengikuti presentasi karyanya di Victori Hotel 2 Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timor. Dalam kompetisi ini Gusnita meraih juara harapan 3 dalam kategori artikel dan dan Arif Rahman Amri juga berhasil meraih juara poster terbaik di bidang matematika. Ketika diwawancarai, Arif menyampaikan, “Kegiatan LKTI ini telah menambah pengalaman di bidang tulis menulis dan Arif berkeinginan untuk memotivasi rekan-rekan dalam berkarya umumnya untuk mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat dan terkhusus untuk mahasiswa prodi pendidikan matematika” ujar Arif selaku peserta LKTI. Arif dan teman-temannya yang ikut sebagai finalis bangga berkesempatan untuk mengudara dan membawa nama baik almamater tercinta dengan mendapat dukungan penuh dari STKIP PGRI Sumatera Barat.

 

Para peserta LKTI dari 15 Perguruan Tinggi di Indonesia

Finalis dari STKIP PGRI Sumatera Barat (Arif dan Gusnita

Para pemenang kompetisi LKTI 2019 di Unimor

 

Transfer Kredit Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar

ke Prodi S1 Matematika Unand

Pada semester ganjil 2019 ini 4 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat melaksanakan transfer kreditke Program Studi S.1 Matematika Universitas Andalas. Program ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antara FMIPA Unand dengan STKIP PGRI Sumatera Barat. Keberangkatan mahasiswa dilepas oleh pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat, Ketua PGRI Provinsi, Ketua Yayasan dan ketua UPjMI.

Mahasiswa yang mengikuti transfer kredit ini akan melaksanakan perkuliahan selama satu semester di program studi S.1 matematika Unand untuk matakuliah yang mereka pilih.  Pemilihan matakuliah dengan mempertimbangkan kesamaan silabus dan kurikulum yang berlaku.Mahasiswa tersebuta dalah AuliaMarhendita, Linda DesriAyu, Refi Desmi, dan Rahmida. Mata kuliah yang mereka ikuti adalah Aulia dan linda mengambil matakuliah Program Linier, sedangkan Refi dan Rahmida mengambil matakuliah Statistika Elementer dan Bahasa Inggris untuk Matematika.

Program transfer kredit in iadalah salah satu bentuk program mobilitas mahasiswa digagasuntuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa terkaitat mosfierakademik dan kehidupan kampus di universitasmitra. Pengetahuan dan pengalaman ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan mahasiswa dan meningkatkan peluang mahasiswa untuk menjalin jejaring dengan mitra. Disamping memberikan pengalaman kepada mahasiswa program ini diharapkan juga dapat saling meningkatkan kualitas pembelajaran di kedua program studi.

Pelaksanaan perkuliahan dimulai pada tanggal 13 Agustus 2019 sampai dengan akhir semester ganjil ini. Pada hari senin tanggal 12 Agustus 2019 keempat mahasiswa peserta transfer kredit diantarkan langsung oleh ketua Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat, Dra. Rahmi,M.Si. Pada kesempatan tersebut Ketua Jurusan S.1  Matematika Unand, Dr. MahdhivanSyafwan memberikan pengarahan dan pengenalan yang didampingi oleh sekretaris jurusan Dr. Haripamyu dan ketua prodi Dr. FerraYanuar. Selanjutnya mahasiswa juga  disambut oleh wakil dekan 1 FMIPA Unand Prof. Dr. Safnidiruangkerjanya.

 

 

Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan Workshop Lesson Study yang bertema “Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, Jum’at - Sabtu tanggal 26 - 27 April 2019. Workshop ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran, yang diikuti oleh seluruh dosen Prodi Pendidikan Matematika dan dosen dari perwakilan masing-masing Prodi lainnya selingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat. Narasumber workshop adalah guru besar FKIP Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si, beliau telah menerapkan Lesson Study sejak Tahun 2010 dan telah meraih Hibah Profesi dalam bidang Lesson Study for Learning Community (LSLC) pada Tahun 2018. Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua I, Ibu Sri Imelwaty, Ph.D. Pada sambutannya, beliau mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu langkah awal dari Prodi Pendidikan Matematika untuk dapat melakukan kerjasama dalam proses pembelajaran dengan Universitas Sriwijaya. Oleh karena itu, para dosen diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan dapat menerapkannya ke dalam proses perkuliahan pada kelas masing-masing”.

Sambutan Ketua Prodi Pendidikan Matematika

Read more: Workshop Lesson Study 

 

Program Studi Pendidikan Matematika dengan beberapa Program Studi lainnya di lingkungan STKIP PGRI Sumatera Barat seperti : Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Informatika dan Pendidikan Fisika menggelar kegiatan pembekalan wisuda ke-58 pada Senin, 8 April 2019 di Gedung STKIPPGRI Convention Centre (SCC). Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Pendidik yang Berkarakter di Era Society 5.0”. Kegiatan ini diikuti oleh 752 wisudawan, sedangkan wisudawan yang berasal dari Program Studi Matematika itu sendiri terdiri dari 56 orang.

Read more: Pembekalan Wisuda Ke-58 

AKSIOMA merupakan ajang kompetisi seni dan olahraga yang merupakan kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) STKIP PGRI Sumatera Barat. Aksioma III dilaksanakan pada tanggal 02 April 2019 dan 05 April 2019. Bidang yang diperlombakan pada AKSIOMA III yaitu The Voice Math, Tari Kreasi Nusantara, Catur, Futsal, Basket, Volly, Tenis Meja dan Domino Matematika. Bidang lomba unggulan pada AKSIOMA adalah Domino Matematika Tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat, yang di ikuti oleh 3 perguruan tinggi yaitu STKIP PGRI Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 30 orang. Permainan Domino Matematika berbeda dengan permainan domino pada umumnya, dimana pada Domino Matematika setiap kartunya berisi soal-soal matematika dengan materi Eksponen, Logaritma, Trigonometri, dan Turunan. Sehingga selain bermain juga melatih kemampuan Matematika dari seluruh Peserta. Untuk Pemenang Lomba Domino Juara I dari STKIP PGRI Sumatera Barat, Juara II dari Universitas Andalas, Juara III dari STKIP PGRI Sumatera Barat.

Read more: AKSIOMA III “Tunjukkan Aksimu Kibarkan Kreasi Senimu, dan Tumbuhkan Jiwa Sportifitas”

              Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang cepat harus menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan keilmuannya secara utuh. Kegiatan ON-MIPA diharapkan dapat diperoleh prestasi mahasiswa dan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat. Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitas yang salah satunya adalah Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT).

 

Read more: ON-MIPA Perguruan Tinggi Tahun 2019