foto1
Program Studi dengan Akreditasi "B" BAN-PT
foto1
Matematika Cepat, Cermat dengan Trick
foto1
Matematika Itu Bukan untuk di Takutkan Tetapi untuk di Taklukkan
foto1
Otak Atik Otak
foto1
Matematika untuk Kita Semua
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Kegiatan magang pada tahun ini dilaksanakan dari tanggal 2 Januari 2019 sampai 28 Februari 2019. Mata kuliah magang adalah mata kuliah wajib dengan bobot 3 SKS yang merupakan matakuliah keterampilan pendukung untuk memenuhi kompetensi tambahan disamping kompetensi utama menjadi guru yang professional.

Kegiatan magang ini dilakukan di instansi pemerintah atau perusahaan atau lembaga atau sekolah namun jika di sekolah tidak mengajar (tata usaha). Mahasiswa peserta magang adalah mahasiswa yang sudah berada pada semester VI. Tahun ini mahasiswa yang mengikuti magang sebanyak 52 orang, sedangkan jumlah perusahaan/instansi/lembaga sebagai tempat magang sebanyak 19 tempat.

Sebelum mahasiswa melaksanakan magang, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan soft skill melalui kegiatan coaching dengan tema “Soft Skill Peserta Magang dalam Memasuki Dunia Kerja”. Kegiatan coaching dilaksanakan pada hari Senin 31 Desember 2018 di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumatera Barat dengan narasumber Bapak Kurniadi Ilham, M.Si. Pelaksanaan coaching tahun ini berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Biologi. Acara dibuka oleh Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, yaitu Ibu Dr. Hj. Zusmelia, M.Si. Beliau menyampaikan kepada mahasiswa peserta magang bahwa mereka tidak hanya harus mahir dalam bidang keguruan tetapi juga mahir dalam bidang non kependidikan. Mahasiswa juga harus mampu bersaing dengan orang lain serta cakap dalam kemampuan dan sikap.

Materi yang disampaikan oleh narasumber Bapak Kurniadi Ilham, M.Si adalah mahasiswa harus menjaga sikap saat melaksanakan magang. Beliau mencontohkan dengan cara duduk, dimana tidak boleh menyilangkan kaki karena memiliki makna bahwa kita menutup diri ke orang lain. Soft skill dalam dunia kerja penting dikarenakan dapat melatih kemampuan komunikasi, kemampuan beradaptasi, manajemen waktu, dan kemampuan kolaborasi.

Coaching ditutup dengan pemberian plakat yang diserahkan oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika Ibu Dra. Rahmi, M.Si kepada narasumber dan didampingi oleh Ketua Prodi Pendidikan Biologi Ibu Siska Nerita, M.Pd.

Selama pelaksanaan magang, mahasiswa tidak mengikuti perkuliahan. Mahasiswa magang dibimbing oleh pembimbing lapangan (dari instansi tempat magang) dan dosen pembimbing magang dari Program Studi Pendidikan Matematika. Setelah kegiatan magang berakhir, mahasiswa diwajibkan membuat laporan kegiatan magang. Laporan tersebut berisi tentang kegiatan mahasiswa selama bekerja di tempat magang.