foto1
Program Studi dengan Akreditasi "B" BAN-PT
foto1
Matematika Cepat, Cermat dengan Trick
foto1
Matematika Itu Bukan untuk di Takutkan Tetapi untuk di Taklukkan
foto1
Otak Atik Otak
foto1
Matematika untuk Kita Semua
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Pada hari Jumat tanggal 16 November 2018 Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan kegiatan Kuliah Umum bertempat di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumatera Barat, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Informatika, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat. Kegiatan ini mengusung tema “Semangat Wirausaha Muda di Era 4.0 Menuju Kemandirian Bangsa”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi era industry 4.0 dan mampu bersaing menghadapi dunia kerja. Di samping tujuan di atas kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi profil lulusan tambahan di Program Studi Pendidikan Matematika. Di samping profil utama menjadi guru matematika. Terdapat tiga profil lulusan tambahan di Program Studi Pendidikan Matematika, salah satunya adalah mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi seorang edupreneur. Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, maka program studi memberikan pembekalan berupa kuliah umum kewirausahaan.

Mengingat persaingan dalam memasuki dunia kerja begitu ketat ke depannya. Agar mahasiswa mampu memenangkan persaingan ke depan, para calon wirausaha muda membutuhkan inovasi, kreativitas, dan entrepreneurship. Perekonomian yang selama ini yang hanya mengandalkan berbasis efisiensi dan produktivitas, tidaklah cukup untuk memenangkan persaingan. Dengan demikian, selain bereksperimen mahasiswa juga akan punya gambaran mengenai dunia kerja dan bisnis. Selain itu, inovasi teknologi yang dihadirkan juga dapat diaplikasikan dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Hasilnya, generasi milenial diharapkan bisa memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mampu bersaing dan mengantisipasi perubahan yang cepat di era Industri 4.0.

Pemateri pada kegiatan kuliah umum ini adalah Bapak Nikki Lauda Hariyona, S.I.Kom., M.Sc. Beliau adalah salah seorang pengusaha muda kelahiran Sumatera Barat. Pemateri terlibat aktif dalam beberapa organisasi pengusaha muda, diantaranya; pengurus pusat HIPMI pusat yang bertugas sebagai Ketua Kompartemen Perdagangan Luar Negeri dan Pembina Yayasan Palanta Institute. Dalam hal akademik, pemateri merupakan lulusan magister dari Glasgow Caledonian University London pada jurusan Global Marketing.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua 1 Ibu Sri Imelwaty, M.Pd., Ph,D dan diikuti sebanyak 116 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika. Pada kegiatan ini pemateri memberikan motivasi kepada mahasiswa sebagai calon wirausaha di masa depan untuk terus berinovasi dan juga memberikan tips dan trik bagaimana cara menghadapi Persaingan Dunia Kerja di Era industry 4.0. Semua mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait bagaimana cara menjadi seorang wirausaha muda yang kreatif dan inovatif serta siap menghadapi era industri 4.0.