foto1
Program Studi dengan Akreditasi "B" BAN-PT
foto1
Matematika Cepat, Cermat dengan Trick
foto1
Matematika Itu Bukan untuk di Takutkan Tetapi untuk di Taklukkan
foto1
Otak Atik Otak
foto1
Matematika untuk Kita Semua
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

LOSEMA merupakan salah satu kegiatan unggulan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat yang diselenggarakan setiap tahunnya. LOSEMA yang diselenggarakan tahun ini merupakan yang ketujuh kalinya (LOSEMA VII). LOSEMA VII dilaksanakan pada tanggal 26 s/d 27 Oktober 2018. Acara ini mengangkat tiga kegiatan sekaligus, yaitu : Lomba Matematika tingkat SLTA se-Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lomba Kalkulus tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat dan Seminar Nasional. Lomba Matematika tingkat SLTA se-Sumatera Barat, Riau, Jambi diikuti oleh 10 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 108 orang. Lomba Kalkulus tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat diikuti oleh 9 perguruan tinggi yaitu STKIP PGRI Sumatera Barat, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Eka Sakti, IAIN Bukittinggi, STKIP Ahlusunnah, UMMY Solok, STIE Pasaman, dan Universitas Dharma Andalas dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang. Sedangkan Seminar Nasional dihadiri oleh mahasiswa, guru dan dosen dengan jumlah peserta 141 orang.

Acara pembukaan LOSEMA VII pada tanggal 26 Oktober 2018 dihadiri oleh Pimpinan, Dosen, OK (organisasi kemahasiswaan) STKIP PGRI Sumatera Barat dan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Acara pembukaan diawali dengan penampilan tari pasambahan, kata sambutan sekaligus pembukaan acara LOSEMA VII oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Adminitrasi Umum oleh Ibu Sri Imelwaty, M.Pd., Ph.D. Dalam pembukaan tersebut beliau memberikan tantangan kepada HIMATIKA untuk mengadakan Lomba Kalkulus tingkat Perguruan Tinggi tahun depan diadakan untuk wilayah X yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan penampilan Tari Indang oleh tim tari Mahasiswa Pendidikan Matematika.

Lomba Matematika mengangkat tema “Meraih Masa Depan yang Cerah Melalui Matematika”. Materi Lomba Matematika tingkat SLTA se-Sumatera Barat, Riau, Jambi berpedoman kepada soal-soal matematika yang sesuai dengan kurikulum yang dipakai di sekolah saat ini, soal-soal olimpiade tingkat provinsi, dan juga soal-soal olimpiade sains nasional serta olimpiade matematika internasional. Lomba ini terdiri atas 3 babak yaitu babak penyisihan sebanyak 103 peserta, babak semi final sebanyak 28 peserta dan babak finalsebanyak 9 peserta. Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018. Pada babak penyisihan diberikan soal objektif 40 butir soal dalam waktu 90 menit, babak semi final diberikan 10 butir soal isian dan 5 butir soal essay dalam waktu 60 menit, sedangkan final siswa diminta untuk mempresentasikan jawaban dari soal yang diberikan juri. Juri untuk Lomba Matematika babak final ini merupakan dosen dari Program Studi Pendidikan Matematika. Bidang Aljabar oleh Ibu Yulia Haryono, S.Si, M.Pd dan Ibu Rina Febriana, M.Pd. Bidang Teori Bilangan oleh Ibu Dewi Yuliana Fitri, S.Si, M.Pd dan Ibu Hamdunah, M.Si. Bidang Kombinatorik oleh Ibu Audra Paramitha Musim, M.Pd dan Ibu Lucky Heriyanti Jufri, S.Si, M.Pd. Bidang Geometri oleh Ibu Zulfitri Aima, M.Pd dan Ibu Alfi Yunita, M.Pd. Pada babak final, terdiri dari 4 posko yang masing-masing posko menyediakan 2 soal untuk 1 orang finalis. Babak semi final dan final dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2018.

 Materi Lomba Kalkulus Tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat berpedoman kepada soal-soal kalkulus yang memuat materi differensial dan integral serta pengaplikasiannya. Lomba ini terdiri dari 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018. Pada babak penyisihan diberikan soal isian sebanyak 30 butir soal dalam waktu 120 menit, dan babak final diberikan 1 soal dari masing-masing juri. Babak final dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 di mana pada babak ini terdiri dari 4 posko dan masing-masing posko terdapat 1 orang juri. Juri pada lomba kalkulus ini berasal dari dalam maupun luar kampus STKIP PGRI Sumatera  Barat. Juri dari dalam merupakan dosen Program Studi Pendidikan Matematika, yaitu Ibu Hafizah Delyana, M.Pd dan Ibu Zulfaneti, M.Si. Sedangkan juri dari luar adalah Ibu Primawati, S.Si, M.Si dari Universitas Negeri Padang dan Bapak Andi Susanto, M.Si dari UIN Imam Bonjol.

Seminar Nasional mengangkat tema “Peran IT Terhadap K-13 dan Perkembangan Peserta Didik Pada Era Industri 4.0” dengan pemateri Bapak Dr. Dedy Irfan, S.Pd., M.Kom yang merupakan dosen Fakultas Teknik Elektronika UNP. Pada seminarnya kali ini, Bapak Dr. Dedy Irfan, S.Pd, M.Kom menjelaskan tentang pengaruh IT terhadap perkembangan peserta didik dan perkembangan K-13 pada Industri 4.0 yang dipengaruhi juga oleh perkembangan IT yang semakin melejit.

 

 

Pemenang LOSEMA VII yaitu:

1.      Lomba Matematika tingkat SLTA se-Sumatera Barat, Riau, Jambi, Juara 1 atas nama M. Fikri N dari SMA Raudatul Jannah, Juara 2 atas nama M. Farriz Al-Pashadari SMAN 1 Padang, Juara 3 atas namaM. Rizki Handitadari SMAN 1 Padang, Harapan 1 atas nama Ikhlasul Amal Riveldari SMAN 10 Padang, Harapan 2 atas nama Fitrah Amaliah Muisdari SMA 10 Padang

2.      Lomba Kalkulus tingkat Perguruan Tinggi se-Sumatera Barat, Juara 1 atas nama Jamaluddin Ashari dari Universitas Negeri Padang, Juara 2 atas nama Riski Kurniawan dari Universitas Andalas, Juara 3 atas nama Fauzana Lailaturrahmi dari Universitas Andalas.

 

 

Peserta Lomba Matematika Tingkat SLTA se-Sumatera Barat, Riau, Jambi juara 1 mendapatkan tabanas sebesar Rp2.000.000,00 dan medali, juara 2 mendapatkan tabanas sebesar Rp1.500.000,00 dan medali, juara 3 mendapatkan tabanas sebesar Rp1.000.000,00 dan medali, harapan 1 mendapatkan Rp350.000,00, dan harapan 2 mendapatkan tabanas sebesar Rp150.000,00. Peserta yang tidak lolos semifinal maupun final tetap mendapatkan sertifikat.