foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA). Bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat merupakan program keja gabungan dari departemen sosial dan departemen luar negeri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa antar sesama, menjalin silaturrahmi antar sesama dan lain lain. Kali ini kegiatan bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di panti asuhan Nurul Hikmah pada tanggal 3 juni 2017, dengan tema “Berjabat Tangan Menuju Sejuta Senyuman”.

Kegiatan ini diikuti oleh ketua program studi pendidikan maematika, sekretaris pogram studi pendidikan matematika, pembina HIMATIKA, dosen program studi pendidikan matematika dan seluruh kepengurusan HIMATIKA. Anggota kepengurusan HIMATIKA berkumpul di kampus pukul 07.00 WIB, dan berangkat ke panti pukul 08.20 WIB. Sesampainya di panti asuhan Nurul Hikmah, kami disambut dengan senyuman hangat dari pengurus dan anak-anak panti. Acara bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dengan pemandu acara (moderator Della Anggriani).

Acara bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh laina. Acara selanjutnya yaitu laporan dari ketua pelaksana, ketua HIMATIKA, kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh ketua program studi pendidikan matematika dan kata sambuatan oleh ketua panti asuhan Nurul Hikmah. Setelah kata acara pembukaan, kami melakukan pembacaan asmaul husnah bersama seluruh anak-anak panti, dan terakhir pembacaan do’a. Setelah pembacaan do’a, acara selanjutnya yaitu pemberian sembako dan bantuan dana oleh ketua program studi pendidikan matematika bunda Dra. Rahmi. M. Si kepada ketua panti. Selanjutnya yaitu perkenalan alat peraga matematika (handmade) kepada seluruh anak-anak panti asuhan Nurul Hikmah.

 

 

Handmade matematika yang kami bawa yaitu trimikal, kenik aljabar dan almanak biner. Handmade ini di presentasikan oleh anggota kepengurusan HIMATIKA yang sudah ditunjuk sebelumnya. Dalam perkenalan handmade ini, terlihat bahwa anak-anak panti tertarik untuk memehatikan, mempelajari dan mencobanya. Hanya saja mereka masih ragu dan malu-malu untuk mencoba sendiri. Sehingga, kami dari panitia berinisiatif memberikan hadiah kepada adik-adik atau anak-anak panti yang mau mencoba memperagakan atau ikut berpartisipasi dalam menggunakan handmade tersebut. Setelah presentasi handmade selesai, kami memberikan hadiah berupa alat tulis seperti buku-buku, pena bagi yang berpartisipasi dalam presentasi handmade dan boneka bai yang berani mencoba memperagakan handmade tersebut.

 

 

Setelah acara selesai, kami melakukan foto bersama dengan seluruh anak-anak panti dan pengurus panti asuhan Nurul Hikmah. Mereka terlihat sangat senang saat kami mengunjungi panti mereka. Dan saat kami mau pamitan pulang mereka menyalami kami satu persatu.