foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Abad 21 merupakan abad pengetahuan, abad dimana informasi banyak tersebar dan teknologi berkembang. Pendidikan Nasional abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat bangsa Indonesia yang sejahtera dan bahagia, dengan kedudukan yang terhormat dan setara dengan bangsa lain dalam dunia global, melalui pembentukan masyarakat yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu pribadi yang mandiri, berkemauan dan berkemampuan untuk mewujudkan cita-cita bangsanya (BSNP, 2010).

Sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning). Hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan dimana peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar. Kecakapan-kecakapan tersebut diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah (problem solving), berpikir kritis, kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi. Semua kecakapan ini bisa dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana pembelajaran yang dibuatnya.

Salah satu hasil inovasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika yang sejalan dengan karakter belajar abad 21 adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMRI merupakan suatu pendekatan pendidikan matematika yang merupakan hasil adaptasi dari Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan di Nederland sejak tahun 1970 (Heuvel-Panhuizen, 2003 ; Hadi,2005).

Berdasarkan karakteristik diatas, maka jelaslah bahwa PMRI sejalan dengan karakter belajar Abad 21. Untuk itu sudah seharusnya PMRI dikembangkan dan dilaksanakan dalam setiap pembelajaran matematika di Indonesia. Mengingat hal itu, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat mengadakan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada 29 April 2017 dengan tema Menjawab Tantangan Abad 21 Melalui 4C’s dengan PMRdengan pembicara Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc (Koordinator Program Doktor Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang) dan Dr. A.R. As’ari, M.Pd, MA (Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang).