foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Sumatera Barat
 
Menerima Mahasiswa Baru 2017/2018

Tanggal Pendaftaran
Gelombang I                 :  25 April s.d 30 Juni 2017
Gelombang II                :  01 Juli s.d 12 Agustus 2017
Gelombang III               :  14 Agustus s.d 04 September 2017

Tanggal Ujian Masuk
Gelombang I                 : 03 Juli 2016
Gelombang II                : 15 Agustus 2017

Pendaftaran Ulang       : Mulai Tanggal 07 Juli 2017
Kegiatan Simak            : 7, 8 dan 9 September 2017
Kuliah Perdana             : 11 September 2017

 

Kantor Program Studi Pendidikan Matematika

Gedung D Lt. 3 Kampus 1 Jl. Gunung Pangilun Padang

 

 Informasi:

 http://pmb.stkip-pgri-sumbar.ac.id

Acara pelantikan Himpunan Mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2017 di Aula Gedung B STKIP PGRI Sumatera Barat. Seluruh kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi STKIP PGRI Sumatera Barat dilantik secara bersama oleh Ibu Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat Dr. Hj. Zusmelia, M.Si. Acara dimulai dengan pembukaan, kata sambutan oleh ketua pelaksana, pembacaan surat keputusan oleh kasubag kemahasiswaan, pembacaan sumpah dan janji pengurus kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Ibu Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat.

Read more: Pelantikan Himatika Periode 2017/2018

Bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA). Bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat merupakan program keja gabungan dari departemen sosial dan departemen luar negeri. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa antar sesama, menjalin silaturrahmi antar sesama dan lain lain. Kali ini kegiatan bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di panti asuhan Nurul Hikmah pada tanggal 3 juni 2017, dengan tema “Berjabat Tangan Menuju Sejuta Senyuman”.

Kegiatan ini diikuti oleh ketua program studi pendidikan maematika, sekretaris pogram studi pendidikan matematika, pembina HIMATIKA, dosen program studi pendidikan matematika dan seluruh kepengurusan HIMATIKA. Anggota kepengurusan HIMATIKA berkumpul di kampus pukul 07.00 WIB, dan berangkat ke panti pukul 08.20 WIB. Sesampainya di panti asuhan Nurul Hikmah, kami disambut dengan senyuman hangat dari pengurus dan anak-anak panti. Acara bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dengan pemandu acara (moderator Della Anggriani).

Acara bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh laina. Acara selanjutnya yaitu laporan dari ketua pelaksana, ketua HIMATIKA, kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh ketua program studi pendidikan matematika dan kata sambuatan oleh ketua panti asuhan Nurul Hikmah. Setelah kata acara pembukaan, kami melakukan pembacaan asmaul husnah bersama seluruh anak-anak panti, dan terakhir pembacaan do’a. Setelah pembacaan do’a, acara selanjutnya yaitu pemberian sembako dan bantuan dana oleh ketua program studi pendidikan matematika bunda Dra. Rahmi. M. Si kepada ketua panti. Selanjutnya yaitu perkenalan alat peraga matematika (handmade) kepada seluruh anak-anak panti asuhan Nurul Hikmah.

 

Read more: HIMATIKA Mengadakan Bakti Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Abad 21 merupakan abad pengetahuan, abad dimana informasi banyak tersebar dan teknologi berkembang. Pendidikan Nasional abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat bangsa Indonesia yang sejahtera dan bahagia, dengan kedudukan yang terhormat dan setara dengan bangsa lain dalam dunia global, melalui pembentukan masyarakat yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu pribadi yang mandiri, berkemauan dan berkemampuan untuk mewujudkan cita-cita bangsanya (BSNP, 2010).

Sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning). Hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan dimana peserta didik harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar. Kecakapan-kecakapan tersebut diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah (problem solving), berpikir kritis, kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi. Semua kecakapan ini bisa dimiliki oleh peserta didik apabila pendidik mampu mengembangkan rencana pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang menantang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dan berkomunikasi harus tampak dalam setiap rencana pembelajaran yang dibuatnya.

Salah satu hasil inovasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika yang sejalan dengan karakter belajar abad 21 adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMRI merupakan suatu pendekatan pendidikan matematika yang merupakan hasil adaptasi dari Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dikembangkan di Nederland sejak tahun 1970 (Heuvel-Panhuizen, 2003 ; Hadi,2005).

Berdasarkan karakteristik diatas, maka jelaslah bahwa PMRI sejalan dengan karakter belajar Abad 21. Untuk itu sudah seharusnya PMRI dikembangkan dan dilaksanakan dalam setiap pembelajaran matematika di Indonesia. Mengingat hal itu, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat mengadakan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada 29 April 2017 dengan tema Menjawab Tantangan Abad 21 Melalui 4C’s dengan PMRdengan pembicara Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc (Koordinator Program Doktor Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang) dan Dr. A.R. As’ari, M.Pd, MA (Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang).

 

Kegiatan pembekalan calon alumni bertemakan “Membangun Personal Branding Untuk Berkarir di Dunia Kerja”. Narasumber pada kegiatan ini adalah Tim dari UNAKER dan HUMAS STKIP PGRI Sumatera Barat, yaitu Dra. Sefna Rismen, M.Pd dan Agusrino, M.T.

Calon alumni STKIP PGRI Sumatera Barat untuk Prodi PMIPA pada periode wisuda ke-54 berjumlah 294 orang, dengan rincian sebagai berikut; 148 orang dari Pendidikan Matematika, 144 orang dari Pendidikan Biologi, dan 2 orang dari Pendidikan Fisika. Kegiatan ini diadakan agar lulusan STKIP PGRI Sumatera Barat  dapat memiliki softskill yang unggul dan memperkenalkan pentingnya personal branding dalam upaya meningkatkan performance mereka di dunia kerja nantinya. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan agar lulusan dapat mendukung kegiatan tracer study.

Read more: Pembekalan Calon Alumni Wisuda Periode 54

Acara AJANG KOMPETISI SENI dan OLAHRAGA MATEMATIKA (AKSIOMA) Himpunan Mahasiswa Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2017. Acara AKSIOMA merupakan salah satu program kerja HIMATIKA di semester genap. Pada tanggal 24 Februari 2017, pembukaan acara AKSIOMA diawali dengan Tari Pasambahan HIMATIKA, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, setelah itu kata sambutan yang diawali dari ketua pelaksana AKSIOMA, ketua HIMATIKA, dan ketua Program Studi Pendidikan Matematika. Pemberian kata sambutan sekaligus pembukaan acara AKSIOMA oleh Bapak Jarudin, MA, Ph.D. Acara AKSIOMA terdiri dari dua cabang yaitu cabang seni dan cabang olahraga. Dimana acara dari cabang seni itu terdapat beberapa perlombaan yaitu Lomba Domino Matematika, Lomba Fashion Show, Lomba Tari Kreasi Nusantara, dan Lomba Solo Song. Sedangkan acara dari cabang olahraga terdapat beberapa perlombaan yaitu Futsal, Volly, Catur, Tenis Meja dan Basket. Setelah perlombaan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, penutupan acara AKSIOMA ditutup pada tanggal 25 Februari 2017. Dimana acara ditutup oleh Ibu Zulfaneti, M.Si dan pembagian hadiah oleh panitia pelaksana beserta dengan dosen-dosen program studi pendidikan matematika.

Read more: AJANG KOMPETISI SENI dan OLAHRAGA MATEMATIKA (AKSIOMA)