foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
foto1
Prodi Matematika
STKIP PGRI SUMBAR
Jl. Gunung Pangilun - PDG

Sistem Informasi

Login Form

Pemetaan Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika

 

Sinopsis Mata Kuliah

MATA KULIAH WAJIB PRODI


IPA 00001 Biologi Umum (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sel, dan organisme secara struktural dan fungsional, keanekaragaman organisme, metabolisme, hukum-hukum genetika, interaksi antar organisme dengan lingkungannya, konsep evolusi dan ekosistem, konsep dan azas timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, prospek dan strategi pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup, kesinambungannya serta memberikan konsep keterkaitannya dengan fisika lingkungan.

IPA 00002 Fisika Dasar (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai landasan fisika yang bertolak dari pengetahuan fisika yang telah diperoleh di SMA. Topik-topik yang dibahas mencakup mekanika, listrik dan kemagnetan.

IPA 00003 Kimia Dasar (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan yang mendalam tentang kimia dengan cara mengembangkan ketrampilan dalam stokiometri, energitika dan dalam sistem kimia serta pengantar struktur atom dan struktur molekul dan sifat materi ditinjau dari teori molekuler, sehingga dapat mematahkan permasalahan kimia dasar akan keterkaitan kimia dengan berbagai ilmu pengetahuan alam serta dapat menunjukan peranan kimia dalam masyarakat dan sumbangan kimia dalam memajukan teknologi.

MAT 05001 Kalkulus Diferensial (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai Sistem bilangan riil, ketaksamaan, pertaksamaan dan nilai mutlak, fungsi satu peubah, jenis-jenis fungsi, operasi-operasi pada fungsi, fungsi komposisi, fungsi invers, fungsi implisit, fungsi trigonometri, fungsi eyclometri, grafik fungsi, limit fungsi, kekontinuan fungsi, teorema fungsi limit, dan fungsi kontinu, menghitung limit fungsi, turunan fungsi dan teorema-teoremanya, pengertian geometri, turunan fungsi, kekontinuan dan keterdefferensialan, aturan rantai, pendifferensialan implisit, differensial dan turunan, aplikasi fungsi turunan, menggambar grafik turunan, menggambar grafik fungsi, penggunaan turunan pada beberapa masalahnya dan teorema nilai rata-rata.

MAT 05002 Kalkulus Integral (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai Integral tak tentu sebagai anti turunan, penerapan integral tak tentu, teorema dasar kalkulus untuk integral dan penerapannya, penggunaan integral tentu, fungsi logaritma, fungsi substitusi peubah baru, pengintegralan parsial, pengintegralan fungsi rasional, pengintegralan dengan substitusi fungi trigonomeri, teorema ( Hospital dan bentuk tak tentu integral tak wajar).

 

MAT 05003 Aljabar Linier Elementer (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai materi matriks: matriks dan ordonya, operasi dasar Matrik, dan Invers Matriks; Sistem Persamaan Linier: Eliminasi Gauss, Matriks Elemneter dan Metode Pencarian Invers, SPL dan Keinvertibelan dan SPL Homogen; Determinan: Fungsi Determinan, Reduksi Baris, Matriks Minor dan Kofaktor, dan Aturan Cramer; Ruang Vektor: Vektor di R2 dan R3, Ruang n-Euclides, Ruang Vektor Riil, Subruang, Kombinasi dan Kebebasan Linier, Basis dan Dimensi, Rank Matriks; Ruang Hasilkali Dalam: Ruang Hasilkali Dalam dan ukuran (Panjang, Jarak, dan Sudut), Keortonormalan; Ruang Eigen: Nilai dan Vektor Eigen, Basis Ruang Eigen, Diagonalisasi; Transformasi Linier: Pengertian Transformasi Linier (TL), Kernel dan Jangkauan, TL dari Rn ke Rm, Matriks TL.

MAT 05004 Struktur Aljabar (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai operasi biner, grup dan sifat-sifatnya, subgrup dan sifat-sifatnya. Grup siklik, grup simetri, koset, subgrup normal, grup faktor, homomorfisma dan isomorfisma grup. Ring dan sifat-sifatnya, isomofisma ring, subring, ideal, integral domain, field dan polinomial ring.

MAT 05007 Geometri Analitik Bidang dan Ruang (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai kedudukan garis dengan garis, garis dengan bidang, bidang dengan bidang, bidang dengan bola.Sifat-sifat irisan kerucut (garis, lingkaran, parabola, ellips, hiperbola). Sifat-sifat permukaan sederhana dan tabung kerucut.

MAT 05006 Geometri Transformasi (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengertian transformasi, Menganalisa dan mengembangkan teori-teori tentang transformasi, Menerapkan konsep-konsep transformasi dalam kehidupan sehari-hari, Menerapkan konsep-konsep transformasi dalam beberapa isometric dan menerapkan dan mengembangkan konsep-konsep transformasi similaritas.

MAT 05007 Trigonometri (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai Perbandingan trigonometri, rumus dasar trigonometri, perioditas, rumus jumlah dan selisih serta sudut rangkap. Limit trigonometri, dalil sinus dan cosinus serta luas segitiga. Persamaan dan pertidaksamaan trigonometri serta grafik fungsi trigonometri dan fungsi siklometri.

 

MAT05008 Aljabar Dasar (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai bentuk pangkat dan bentuk akar, persamaan kuadrat, pertidaksamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Persamaan dan pertidaksamaan logaritma. Persamaan dan pertidaksamaan eksponen, notasi sigma, barisan dan deret serta induksi matematika dan suku banyak.

 

MAT 05009 Geometri Bidang (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai berbagai bangun datar, garis dan sudut bangun segiempat, segitiga, dalil phytagoras, garis-garis pada segitiga, lingkaran serta unsur-unsurnya, melukis lingkaran luar dan lingkaran dalam suatu segitiga. Garis singgung pada lingkaran dan sifat-sifatnya, kedudukan dua lingkaran dan kesebangunan

 

MAT 05010 Geometri Ruang (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai bangun ruang kesejajaran dan ketegaklurusan, sudut, tempat ke dudukan, lukisan dan irisan, permukaan luas dan sisi, benda putar dan isi benda putar, silinder, kerucut, kerucut terpancung, bola dan bagian-bagian bola.

MAT 05011 Statistika Dasar (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai Pengertian statistika, data dan pengukuran, populasi dan sampel, parameter dan statistik. Ukuran pemusatan, ukuran keragaman, statistik lima serangkai. Pendeskripsian data, sebaran frekuensi, penyajian grafik.Peluang konsep-konsep dasar peluang ruang sampel dan kejadian, hubungan antar kejadian, menghitung titik sampel, prinsip dasar menghitung, permutasi dan kombinasi, peluang suatu kejadian, beberapa hukum peluang, peluang bersyarat, aturan bayes.Beberapa distribusi peubah acak penting, distribusi peubah acak kontinu.Pendugaan parameter, pendugaan nilai tengah, pendugaan proporsi, pendugaan proporsi, pendugaan variasi, pendugaan rasio dua variansi.Pengujian hipotesis, hipotesis statistik dan dua tipe kesalahan, Uji satu dan dua arah, Uji mengenai nilai tengah, Uji mengenai variansi, Uji mengenai proporsi. Analisis variansi, Analisis variansi satu arah dengan ulangan yang sama, analisis variansi satu arah dengan ulangan yang tidak sama, Uji wilayah berganda, Uji kesamaan beberapa variansi. Regresi dan korelasi linier sederhana, pengertian tentang regresi, pendugaan model regresi linier sederhana, uji tentang parameter regresi, koefisien determinasi, koefisien korelasi.Pengenalan program minitab/SPSS untuk menganalisis data.

MAT 05012 Metode Numerik (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai definisi, sumber serta contoh galat, suatu perambatan galat dan arbosinya. Mencari akar persamaaan tak linier dengan metode belah dua, posisi palsu, metode Newton dan Secant, intepolasi polynomial dengan menggunakan beda terbagi Newton, interpolasi maju dan mundur Newton, interpolasi Lagrange.

MAT 05013 Pengantar Dasar Matematika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai himpunan dan logika, yakni definisi himpunan, contoh himpunan, jenis-jenis himpunan, notasi himpunan, himpunan bilangan, operasi himpunan, himpunan dari bilangan-bilangan, relasi, fungsi, hokum aljabar himpunan dan kardinalitas.Selain itu juga mempelajari tentang logika yakni proposisi, tabel kebenaran, operasi pada proposisi, hokum aljabar proposisi, tautology, kontradiksi, kontigensi, konvers, inver, kontra positif, argument, aturan penarikan kesimpulan secara langsung, dan pembuktian secara tidak langsung, kondisional, tautology dan penetapan nilai kebenaran dan pembuktian argument berkuantor.

 

MAT 05014 Teori Bilangan (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sistem bilangan: Bilangan bulat, rasional, irrasional, riil, imajiner, dan bilangan komplek. Keterbagian, induksi matematika dan koefisien binomial. Kongruensi: Persamaan linier Diophantus, kongruensi linier dan sistem kogruensi, kongruensi khusus, dan aplikasi kongruensi. Fungsi multiplikatif: Fungsi Tau, fungsi sigma, formula inversi mobius, fungsi phi Euler, fungsi bilangan bulat terbesar.Akar primitif: Order bilangan bulat, akar primitif bilangan prima, akar primitif bilangan komposit, indeks aritmatika, dan tes primalitas. Kongruensi kuadratik dan Resiprositas kuadratik, hukum resiprioritas kuadratik, lambang jacobi. Beberapa persamaan non linier Diophantus: Triple Phytagoras, Fermat's last theorem, jumlah kuadrat (sum of square).

MAT05015 Evaluasi Pembelajaran Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai cara merancang dan mengujicobakan perangkat evaluasi untuk mengevaluasi ranah kognitif, afektif dan psikomotor; portofolio ;jurnal, dll; serta merancang program remedial dan pengayaan.

 

MAT 05016 Telaah Kurikulum dan Analisis Buku Teks Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai cara menganalisis materi, urutan dan kedalaman materi kurikulum matematika ditingkat pendidikan menengah, serta proses pembelajarannya (pengalaman belajar, metode, dan evaluasi).

MAT 05017 Strategi Pembelajaran Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai cara memilih pendekatan, metode, sara dan media yang sesuai untuk menyajikan pokok-pokok bahasan matematika. Berlatih melaksanakan berbagai pendekatan/ metode/media mengajar bidang studi matematika berdasarkan prinsip-prinsip/teori-teori belajar matematika tertentu. Berlatih menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas dan interaksi belajar mengajar, serta merencanakan pengajaran remedial. Mendiskusikan hasil praktek yang telah dilakukan.

MAT 05018 Pengembangan Program Pengajaran Matematika (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai cara menganalisis kurikulum, menyusun program tahunan, program semester, meyusun program satuan pelajaran, mengembangkan tujuan pembelajaran, memilih metoda, pendekatan dan media pembelajaran, menyusun dan menggunakan evaluasi bagi setiap topik untuk menyusun rencana pembelajaran (RP).

MAT 05019 Teori Peluang (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai analisis kombinatorik: teknik membilang, permutasi dan kombinasi. Peluang: defenisi peluang, hukum-hukum peluang, peluang bersyarat, kjadian bebas dan teorema Bayes. Peubah acak dan distribusinya: fungsi peluang peubah acak diskrit dan kontinu, funsi peluang gabungan, fungsi peluang marginal dan bersyarat. Ekspektasi matematika, nilai ekspektasi peubah acak dan sifat-sifatnya, teorema Chebychere dan fungsi pembangkit momen. Beberapa sebaran peluang peubah acak khusus: sebaran seragam diskrit, sebaran Bernoulli, Binomial, Hypergeometrik, Multinomial, Binomial negatif dan sebaran Geometrik, sebaran seragam kontinu, normal, gamma, eksponensial dan sebaran khi kuadrat.

MAT 05020 Kalkulus Peubah Banyak (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sistem koordinat, permukaan dalam ruang dimensi tiga, fungsi dua peubah atau lebih, limit fungsi dua peubah, kekontinuan, turunan parsial dan keterdiffrensialan. Ekstrim fungsi dua peubah, teorema nilai rata-rata, deret Mc laurin dan deret taylor. Integral ganda dua dan integral ganda tiga, Jacobian dan trasnformasi koordinat.Menggambar grafik dan peubah matematika domain.

 

MAT 05021 Kalkulus Vektor (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fungsi bernilai vektor, limit dan kekontinuan, turunan, kurva ruang, vektor satuan singgung, kelengkungan, jari-jari kelengkungan, vektor satuan normal, torsi, jari-jari torsi, binormal, persamaan bidang oskulasi, normal rektifikasi, turunan parsial, integral biasa, integral garis, integral permukaan, integral volume, teorema Gauss, teorema Stoke, teorema Green.

MAT 05022 Analisis Riil (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai kajian secara mendalam (konseptual) tentang: aljabar himpunan, (sifat-sifat aljabar bilangan riil, sifat-sifat urutan, nilai mutlak, sifat kelengkapan dan aplikasinya dan interval), barisan (barisan dan limit barisan, teorema-teorema limit barisan, barisan monoton dan teorema Bolzano-Weirsstrass; kriteria Cauchy dan barisan divergen sejati).

MAT 05023 Persamaan Differensial Biasa (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai penyelesaian PD biasa orde 1,2 dan orde tinggi, menyelesaikan sistem PD biasa order-1, menentukan solusi deret dari PD Biasa, menyelesaikan PD dengan transformasi Laplace, dan menyelesaikan permasalahan nyata (yang sederhana) dengan menggunakan PD biasa

MAT 05024 Matematika Diskrit (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fungsi logika, Aljabar Boole, Prinsip Sarang Merpati, Prinsip Inklusi-Eklusi, Fungsi Pembangkit, dan Teori Graf.

 

MAT 05025 Media Pembelajaran Matematika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengembangkan media pembelajaran matematika manual, Media pembelajaran matematika dengan menggunakan komputer yaitu menggunakan Microsoft Power Point, dan Macromedia Flash

MAT 05026 Microteaching (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar mengajar, Keterampilan bertanya dasar, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memimpin diskusi kelompok, dan keterampilan mengajar kelompok kecil. Serta mengaplikasikannya dalam bentuk mikro (peer Teaching)

MAT 05027 Bahasa Inggris Untuk Matematika (2 sks).

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai istilah-istilah matematika dalam bahasa inggris dan cara menterjemahkan buku buku teks matematika. Serta berlatih cara mengucapkannya dalam bahasa Inggris, menyebutkan artinya, membaca dan menulis definisi, teorema, pembuktian dan abstraks, menerjemahkan buku teks matematika.

 

MAT 05028 Psikologi Pembelajaran Matematika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengertian, teori, prinsip dan faktor-faktor yang mempengaruhi perbuatan belajar serta beberapa aliran teori belajar matematika.

 

MAT 05029 Program Linier (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai formulasi model-model optimasi linier, pendahuluan, pemilihan campuranm produksi, feed-mix selection, alokasi produksi melalui network, danm lain-lain. Representasi aljabar dan geometri, formulasi aljabar secara umum, bentuk kanonik dari model optimasi linier, interpretasi geometris dan representasi penyelesaian pada ruang berdimensi n. Metode simpleks: perpindahan basis, sifat-sifat solusi optimum, solusi optimum yang feasible, algoritma simpleks. Uji sensitivitas dan dualitas masalah transportasi keterandalan dari model jaringan (network), masalah transportasi klasik, dualitas dari masalah transportasi serta uji sensitivitasnya.

MAT 05030 Metodologi Penelitian (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan: pendekatan untuk memperoleh kebenaran, kerangka berfikir ilmiah, metode penelitian. Jenis-jenis penelitian: pengertian dan tujuan. Proses penelitian: identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah, sumber masalah penelitian, masalah dan judul penelitian, merumuskan masalah, merumuskan judul, penelaahan kepustakaan, kerangka konseptualdan perumusan hipotesis. Identifikasi, klasifikasi dan pemberian definisi variable­variabel. Pemilihan dan pengembangan alat pengumpul data, penyusunan rancangan penelitian, populasi penelitian, sampling penelitian, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, interpetasi analisis data. Penyusunan laporan hasilpenelitian, sistematika pelaporan, cara menulis rujukan, format pengetikkan.

MAT 05031 Seminar Matematika (2 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai cara menganalisis dan mendiskusikan permasalahan-permasalahan pendidikan matematika sekolah, inovasi-inovasi dalam pendidikan matematika, serta membuat karya tulis lmiah dan menyeminarkannya

 

MAT 05032 Algoritma dan Pemrograman Komputer (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pemecahan masalah, interaksi dengan komputer, pengambilan keputusan, pembuatan algoritma dan diagram alir dari suatu permasalahan, pembuatan program komputer suatu permasalahan matematika dengan bahasa BASIC.

 

MAT 05033 Magang (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan kerja praktek pada lembaga swasta atau pemerintah.

MAT 05034 Skripsi (6 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian yang disusun dalam bentuk skripsi.


c. MATA KULIAH PILIHAN

 

MATAD 05001 Teknik Sampling* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai beberapa konsep teori statistika dan rancangan peneitian, sampling acak sederhana, sampling proporsi dan persentase estimasi ukuran sampel, sampling acak berlapis, sampling sistematis.

MATAD 05002 Statistika Lanjut* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fungsi peubah acak: teknik fungsi sebaran, teknik transformasi dan teknik fungsi pembangkit momen. Distribusi chi-square, t, F, dan order statistics. Estimasi titik: metode moments, metode Maksimum Likelihood, estimator Bayes, estimator tak bias, dan statistics cukup. Uji hipotesis: uji hipotesis statistic, Looses and Risks, The Neyman Pearson Lemma, fungsi power untuk sebuah test dan test ratio Likelihood.

 

MATAD 05003 Analisis Regresi* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Kesesuaian Model, Analisis Sisaan, Transformasi untuk Model Regresi yang Tidak Sesuai, Pemilihan Model Terbaik, Multikolinearitas

MATAD 05004 Statistik Non Parametrik* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengolahan dan analisis data dalam penelitian yang distribusi datanya menyebar secara Tidak Normal. Dengan pokok-pokok bahasannya adalah: Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon, Uji jumlah Jenjang Bertanda Wilcoxon, Uji Mann - Whitney (U - Test).

MATAD 05005 Analisis Multivariat* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metode atau uji-uji statistik yang berkaitan dengan masalah lebih dari satu variate (multivariate). Topik -topikyang dipelajari meliputi Aspek-aspek dari multivariat, aljabar matriksacak dan vektor acak, sampel acak, distribusi normal multivariat, inferensi vektor rata-rata, uji perbedaan rata-rata multivariate (dua kelompok, Anova satu dan dua jalur, Manova satu jalurdan dua jalur), model regresi multivariate dan analisis jalur (pathanalysis), analisis komponen utama, analisis faktor, analisis korelasi kanonis, analisisdiskriminan dan analisis kelompok.

 

MATAD 05006 Rancangan Percobaan* (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai tentang analisis Mata kuliah ini berisi bahasan tentang prinsip dasar rancangan percobaan, klasifikasi rancangan percobaan, dan analisis variansi data percobaan satu faktor, dua faktor, tiga faktor atau lebih. Meliputi Rancangan Acak Lengkap (RAL), Rancangan acak Kelompok Lengkap (RAKL), Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL), Rancangan Faktorial, Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dan Rancangan Blok Terbagi (Strip Plot Design )

MATED 05001 Dasar-Dasar Manajemen** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dan pemahaman tentang pendekatan fungsi dalam manajemen organisasi pada umumnya, menjelaskan factor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen, pembahasan fungsi manajemen sebagai suatu pendekatan system pengelolaan perusahaan.

 

MATED 05002 Matematika Keuangan** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai Pengertian, menentukan bunga tunggal, diskonto tunggal, bunga majemuk, anuitas sederhana, anuitas tertentu biasa, pembayaran periodik dan perkiraan laju bunga.

 

MATED 05003 Riset Operasi** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan keterampilan mengenai konsep dasar riset operasional, pemprograman linier dan aplikasinya, dualitas integer programming, dual simpleks, sensitivity analysis, masalah transportasi dan penugasan, pemprograman dinamik, analisa jaringan, penjadwalan proyek (Pert-CPM, model inventory, teori antrian)

 

MATEN 05004 Pemodelan Matematika** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dan keterampilan mengenai penyusunan model, aneka model, pemilihan model dan alatnya, terapan persamaan diferensial, contoh-contoh pemilihan pemodelan di bidang fisika, ekonomi, biologi dan ekologi, optimasi dan sosial/politik. Serta menerapkan langkah-langkah perumusan masalah yang nyata ke dalam bahasa matematika, menyelesaikannya dan menafsirkan kembali hasilnya.

MATEN 05005 Manajemen Pemasaran** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep pemasaran, lingkungan pemasaran global dan proses segmentasi produk dan strategi memasuki pasar modal global.

MATEN 05006 Aktuaria** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai dunia aktuaria, tingkat bunga, anuitas pasti, jadwal amortisasi dan sinking funds, konsep-konsep teori peluang, tabel mortalita, anuitas hidup, endowment murni, asuransi jiwa dan konsep cadangan premi netto.

 

MATPP 05001 Penelitian Pengembangan*** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian pengembanagan: konsep dasar penelitian pengembangan, karakteristik penelitian pengembanagn, tujuan dan manfaat penelitian pengembangan, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian pengembangan, analisis dalam penelitian pengembangan, format usulan penelitian pengembangan, contoh implementasi penelitian pengembangan dalam pendidikan matematika.

 

MATPP 05002 Penelitian Tindakan Kelas*** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian tindakan kelas: konsep dasar penelitian tindakan, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, format usulan penelitian tindakan kelas, contoh implementasi penelitian tindakan kelas dalam pendidikan matematika.

 

MATPP 05003 Metode Penelitian Kualitatif*** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian Kualitatif: konsep dasar penelitian Kualitatif, karakteristik penelitian Kualitatif, tujuan dan manfaat penelitian kualitatif, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian kualitatif, analisis dalam penelitian kualitatif, format usulan penelitian kualitatif, contoh implementasi penelitian kualitatif dalam pendidikan matematika.

 

MATPP 05004 Metode Penelitian Kuantitatif *** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian Kuantitatif: konsep dasar penelitian Kuantitatif, karakteristik penelitian Kuantitatif, tujuan dan manfaat penelitian kuantitatif, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian kuantitatif, analisis dalam penelitian kuantitatif, format usulan penelitian kuantitatif, contoh implementasi penelitian kuantitatif dalam pendidikan matematika.

 

MATPP 05005 Penelitian Sosial *** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian sosial sehingga mahasiswa mempunyai gambaran gma penelitian dan perbedaannya antara penelitian ilmu sosial dan ilmu alam, langkah2langkah pokok dalam penelitian sosial, penyusunan kerangka berpikir hipotesis penelitian. Membedakan konsep konstruk  dan  variabel   dalam   penelitian   sosial,   prosedur pengambilan sampel dan penentuan sumber data, penyusunan instrument berupa angket, pedoman wawancara dan pedoman observasi, penggunaan data historisdan case data dalam penelitian sosial lainnya, jenis-jenis teknik analisis data, pengembangan model desain penelitian.

 

MATPP 05006 Penelitian Pendidikan *** (3 sks)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan secara mendalam kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian Pendidikan sehingga mahasiswa mempunyai gambaran tentang konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian.

filsafat penelitian, metode ilmiah dan sejarah perkembangan penelitian pendidikan, serta perkembangan paragdima penelitian